Bupati Madiun Ikut Kirab Dongkrek dalam Acara Sedekab Bumi Desa Mejayan

Madiun - Menjadi budaya warisan leluhur, masyarakat Desa Mejayan menggelar kirab Dongkrek dalam rangka Sedekah Bumi yang dilaksanakan setiap tahun di Desa Mejayan, kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Minggu (6/8/2023).

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengapresiasi kegiatan tersebut, dirinya bersama Ketua TP PKK Pentalianawati Ahmad ikut berjalan dalam acara kirab bersama warga mejayan, serta ikut memainkan musik dan berpakaian dongkrek. 

"Pertama kali saya menjabat, dongkrek dijustifikasi menghadirkan makhluk halus/setan, namun dengan berbagai cara kami merubah maindset tersebut, bahwa kesenian dongkrek ini asli kabupaten madiun dan harus dilestarikan, ini terbukti bahwa musik dongkrek bisa mengiringi Habib Syech pada acara Kabupaten Madiun Bersholawat, " ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa Dongkrek merupakan kesenian ciri khas Kabupaten Madiun yang bertempat di Mejayan, maka dari adat istiadat pun tidak lupa untuk dilestarikan salah satunya yaitu dengan melaksanakan kirab Dongkrek sekaligus sedekah Bumi.

"Semoga masyarakat desa mejayan selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan dimudahkan rejeki oleh Allah SWT, " tutup Bupati sesampainya di garis finish.

Pada acara sedekah Bumi, 4 tumpeng Besar, yang berisi sayuran, dan jajanan Pasar yang jadi rebutan masyarakat, Selesai Berdoa Bupati Memotong tumpeng dan di Serahkan kepada kepala Desa Mejayan.(Sm/*)

• Prokopimkab Madiun

0/Post a Comment/Comments

📊 Dibaca :