Beri Buket Bunga Kepada Istri, Warnai Upacara Hari Kartini Pemkab. Madiun

Madiun - Bertempat di halaman Pendopo Ronggo Djoemeno, Caruban menjadi saksi kekhidmatan upacara peringatan ke-145 Hari Kartini Pemerintah Kabupaten Madiun, pada Senin (22/4) dengan inspektur upacara, Pj Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto.

Nampak hadir, Pj Sekda Kab. Madiun Sodik Hery Purnomo, Ketua DPRD Fery Sudarsono, Pj. Ketua TP PKK, Ny. Evi Martiani Tontro, unsur Forkopimda, staf ahli bupati, asisten sekda dan pimpinan OPD. Para pejabat daerah ini hadir didampingi oleh istrinya yang kesemuannya mengenakan baju kebaya, dan seusai upacara mereka memberikan buket bunga kepada istri masing-masing yang dipimpin oleh Pj. Bupati Madiun.

Menariknya, semua petugas upacara juga datang dari kaum perempuan. Seperti Komandan Upacaranya adalah Kabid Sarana dan Prasarana Perlengkapan Jalan Dishub Kab. Madiun, Rena Meta Wardhani, pembaca teks pembukaan UUD 1945 juga perempuan, termasuk peserta upacara lebih didominasi oleh kaum perempuan yang semua mengenakan baju kebaya sedangkan yang laki-laki mengenakan baju batik.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Madiun mengingatkan bahwa hari ini (Senin, 22/4) pihaknya kembali memperingati momentum Hari Kartini yang merupakan awal kisah besar mengenai emansipasi wanita. “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

"Kalimat istimewa yang tidak bisa dilepaskan dari Raden Ajeng (R.A.) Kartini, sosok wanita hebat pejuang kemerdekaan kaum perempuan di Indonesia," ungkapnya.

Selanjutnya, Pj Bupati berharap perempuan di Kabupaten Madiun dapat menggali kemampuannya serta dapat mengedukasi kaum perempuan lainnya agar dapat berpartisipasi dan mengoptimalkan potensinya dalam pembangunan. 

"Tujuan peringatan ini untuk menghormati perjuangan R.A. Kartini dalam mewujudkan keadilan dan pemberian kesempatan yang sama antara perempuan dan laki – laki dalam semua bidang," jelasnya.

Selain itu, lanjut Pj Bupati Madiun, melalui peringatan Hari Kartini ini sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Secara keseluruhan, upacara peringatan Hari Kartini Pemkab. Madiun berlangsung lancar dan khidmat, yang diakhiri dengan foto bersama.(*red)

• sumber : prokopimkab madiun


0/Post a Comment/Comments

📊 Dibaca :